Sunday, November 13, 2011

Jaga Imun Tubuh di Musim Hepatitis A

Hello readers!
Sudah beberapa sekolah di Depok, Jawa Barat ditutup karena murid dan gurunya terkena virus Hepatitis A. Jika dihitung-hitung, berita Hepatitis A sekarang sedang marak dimana-mana. Wah, seram sekali ya. Jangan sampai kalian juga terkena virus jahat ini. Maka dari itu, kali ini, Admin mau mengulas sedikit tentang penyakit Hepatitis A.

Sebenarnya, apasih Hepatitis A itu?
Meskipun Hepatitis jenis A ini adalah Hepatitis tingkat paling ringan dari Hepatitis B dan C, tapi tidak ada salahnya kan kita mencari tahu lebih dalam agar kita bisa menghindari penyakit ini dari jauh hari sebelumnya.
Hepatitis A merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang disebarkan melalui kotoran/tinja penderita, lalat kotor yang hinggap di makanan yang akan kita makan, atau bisa juga melalui darah dan hubungan seksual.

Apa saja gejala-gejala terkena penyakit Hepatitis A?
Hepatitis A terbagi dalam tiga stadium.
Stadium 1 : Gejalanya letih, lesu, demam, hilangnya nafsu makan dan mual-mual.
Stadium 2 : Gejalanya kulit mulai berwarna kuning. Begitu juga dengan mata dan kuku.
Stadium 3 : Gejala kuning tidak selalu ditemukan, namun untuk memastikan diagnosis, sebaiknya dilakukan pemeriksaan enzim hati.
Kalau gejala-gejala terhadap anak kecil? Hmm, sayang sekali. Bagi anak kecil, tidak ada gejala. Namun, langsung terlihat parah pada fisiknya yaitu, demam tiba-tiba, hilang nafsu makan, mual, muntah, kuku dan mata mulai menguning, dan kulit menjadi pucat.

Bagaimana cara pencegahan penyakit Hepatitis A?
Paling mudah, cucilah tangan sebelum makan, dan pastikan alat makan yang digunakan sudah steril dari kuman-kuman jahat. Kurangi jajan sembarangan di tempat-tempat yang kurang terjamin kebersihannya. Untuk imunisasi, bisa dilakukan dalam bentuk sendiri (Havrix) atau dalam bentuk kombinasi dengan imunisasi Hepatitis B. Imunisasi Hepatitis A dilakukan dua kali, yaitu vaksinasi dasar dan setelah 6-12 bulan dilakukan vaksinasi booster. Imunisasi Hepatitis A sangat dianjurkan bagi para penghuni asrama dan orang-orang yang sering jajan di luar rumah.

So guys, nggak mau kan terjangkit Hepatitis A? Makanya ayo kita jaga kesehatan dan sayangi tubuh kita :)

No comments:

Post a Comment